Fokus

Proses pencapaian tujuan lembaga dilakukan melalui sejumlah kegiatan antara lain :

Pendidikan

Kegiatan pendidikan Rahima dilakukan dengan pendekatan metode Pendidikan Orang Dewasa (POD) yang menekankan pada proses aksi-refleksi di dalam dan di luar kelas. Masing-masing peserta setelah mendapatkan Pendidikan di dalam kelas mereka diminta melakukan pengamatan secara langsung dari realitas yang terjadi di masyarakat sekitar untuk kemudian mereka tuliskan dalam laporan AmanahTadarus.

Satu serial pendidikan Rahima biasanya terdiri antara satu hingga lima kali tadarus/pelatihan. Beberapa materi yang disampaikan adalah membangun kepekaan gender, kesehatan reproduksi, analisis sosial dan globalisasi, metodologi kajian Islam adil gender yang meliputi; kajian tafsir agama, kajian hadis dan fiqih, metode pengambilan keputusan hukum keagamaan (Istimbath al-Ahkam) yang digunakan oleh berbagai ormas keagamaan Islam maupun oleh Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI).Rahima sebagai lembaga kunci yang menginisiasi lahirnya KUPI pada April 2017 bersama dengan Alimat dan Fahmina. 

Beberapa serial Pendidikan yang telah diselenggarakan oleh Rahima antara lain: Pendidikan Ulama Perempuan (PUP), Madrasah  Tokoh Agama (MTA), Pendidikan Ulama Laki-laki (PUL),  Madrasah Rahima untuk Guru-guru Pendidikan Agama Islam, Madrasah untuk Santri, Pendidikan untuk Pengasuh Majelis Taklim, Pendidikan untuk Kepala KUA, dan lain-lain.

Penerbitan

Rahima juga menerbitkan buku-buku terkait dengan tema Islam, kesetaraan dan keadilan gender, hak-hak perempuan dalam Islam, keulamaan perempuan serta menerbitkan modul-modul pelatihan/serial pendidikan. Selain itu Rahima juga menerbitkan majalah berkala Swara Rahima yang membahas tema-tema terkait dengan Islam, gender, dan hak perempuan. Hingga kini telah terbit 55 edisi. Rahima juga membuat suplemen yang membahas berbagai isu seperti perkawinan dan keluarga, hak-hak perempuan dan kesehatan reproduksi, tema-tema kontemporer yang memiliki relasi yang kuat dengan  gender dan Islam seperti fundamentalismekeulamaan perempuanpengelolaan lingkungan, dan lain-lain. Berbagai penerbitan ini disajikan dalam bentuk cetak; dan sebagian tersedia dalam bentuk e-file. Tujuan utama kegiatan penerbitan ini adalah untuk melakukan penguatan para ulama dan pemimpin komunitas dalam membangun argumen dan menguatkan kesadaran tentang pentingnya relasi yang adil dan setara gender yang digali dari perspektif Islam dan bersumber dari Alquran dan Hadis serta rujukan-rujukan yang popular dalam khazanah literatur klasik dan kontemporer Islam. 

Penyebaran Informasi dan dan Pengadaan Layanan Perpustakaan

Untuk mendekatkan publik dengan isu-isu yang diusung Rahima, berbagai terbitan dapat diakses melalui media komunitasi digital seperti daring atau website yang beralamat di www.swararahima.com . Publikpeminatisu Islam, gender dan hak-hak perempuan juga dapat bergabung dalam media social Rahima baik facebook, Instagram maupun twitter di swara rahima.

Rahima juga  menyediakan layanan perpustakaan denga tema khusus seputar Islam,  gender, dan hak-hak perempuan untuk para mahasiswa, peneliti, media, dan peminat kajian isu tersebut. Pengunjung bisa datang langsung ke Perpustakaan Rahima  setiap hari kerja yakni senin-jumat pada 09.30-17.00 WIB.