Salah satu LSM perempuan Islam yang perlu dikenal adalah Yayasan Kesejahteraan Fatayat (YKF). Lembaga yang didirikan 10 tahun lalu oleh beberapa aktivis Fatayat NU Jogjakarta , dikenal karena program-programnya tentang ketidak adilan gender dalam lingkungan  agama. YKF menggunakan strategi pelayanan dan pendidikan dalam mensosialisasikan gagasannya tentang islam dan perempuan.

Kegiatan yang bersifat layanan meliputi operasionalisasi Rumah Bersalin HANDAYANI dan Konseling Kesehatan Reproduksi bagi remaja dan keluarga. Untuk kegiatan konseling, YKF bekerja sama dengan PKBI dan BKKBN Gunung Kidul. Program layananan ini kedepannya akan dikembangkan menjadi Pusat Kesehatan Perempuan dan Anak (PKPA).

Kegiatan yang bersifat pendidikan meliputi dua isu besar yaitu hak-hak politik dan hak-hak reproduksi perempuan. Program hak-hak politik perempuan diimplementasikan dalam bentuk pelatihan dan penyusunan kurikulum ‘fiqh siyasah’ di pesantren Jawa. Kegiatan ini juga meliputi penyadaran gender bagi kalangan muda NU dalam bentuk pelatihan, kajian intensif dan dialog ke kelompok-kelompok strategis. Penguatan hak-hak reproduksi perempuan terimplementasikan dalam workshop dan kajian rutin bagi badal (pengganti) Kiyai/Nyai pesantren Jawa Tengah dan Jokjakarta. Kegiatan ini juga meliputi penerbitan hasil kajian dalam bentuk buku saku, penerbitan news letter, novel dan sandiwara radio berbahasa Jawa sebagai media kampanye tentang hak-hak reproduksi perempuan.

Dalam mengembangkan jaringan, YKF tidak membedakan golongan atau kelompok manapun selama mengusung niat yang sama yaitu pemberdayaan perempuan. Menurut YKF, gerakan pemberdayaan perempuan islam di Indonesia belum solid dan masih bersifat insidentil. Karena itu perlu dirumuskan suatu garis yang jelas serta tujuan dan indikator yang akan dicapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here