+ posts

Sebagai upaya untuk memperkenalkan buku terbaru yang diproduksi Rahima,  pada 25 September 2020 Rahima menyelenggarakan talkshow melalui daring berjudul “Launching Buku Membina Keluarga Bahagia”. Acara ini buka oleh Pera Sopariyanti selaku direktur Rahima yang memaparkan tentang latar belakang disusunnya buku Membina Keluarga Bahagia. Buku tersebut hadir berangkat dari kasus-kasus riil persoalan rumah tangga yang kerap ditemui oleh Kepala KUA yang menjadi dampingan Rahima di lapangan. Oleh sebab itu, buku Membina Keluarga Bahagia merupakan respons terhadap persoalan tersebut. 

Buku Membina Keluarga Bahagia dibagi ke dalam empat tema. Dimulai dari prinsip-prinsip perkawinan, mempersiapkan perkawinan, keadilan relasi suami istri, serta menyikapi perceraian. Adapun pendekatan kesalingan digunakan untuk merumuskan nilai-nilai dasar bagi sebuah fondasi keluarga yang kokoh. Seperti dalam mempersiapkan perkawinan, ikhtiar memilih pasangan yang tepat menjadi perhatian tersendiri untuk mewujudkan keluarga yang bahagia di kemudian hari. Sedangkan keadilan relasi suami istri dimaksudkan untuk menyajikan guideline tentang pola relasi suami istri yang berkeadilan di ranah domestik maupun publik.

Selanjutnya, talkshow dipandu oleh Kalis Mardiasih dengan narasumber Bapak KH. Cecep Jayakarama dan Tsamara Amany Alatas. Dalam talkshow para narasumber menceritakan tentang pengalamannya dalam berumah tangga. Bapak Cecep bercerita bahwa suami dan istri perlu meluangkan waktu berdua (quality time). Baginya, perlu ada waktu berdua dengan pasangan dan ada pula waktu bersama anak-anak. Lebih lanjut, Bapak Cecep mengungkapkan bahwa komitmen di dalam pernikahan adalah pegangan yang sangat penting. Jangan sampai ada kekerasan, baik secara psikis, fisik, verbal, seksual, dan ekonomi. Oleh sebab itu komunikasi menjadi penting antara suami dan istri. Adapun Tsamara bercerita bahwa dalam memilih pasangan perlu melihat adanya relasi yang saling membangun dan mendukung. Komitmen sangat diperlukan serta kesepakatan-kesepakatan di awal bersama pasangan sangat penting terkait bagaimana membina keluarga serta bekerja sama, baik di ranah domestik maupun publik. 

Rahima berharap, melalui talkshow launching buku Membina Keluarga Bahagia ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat luas terkait relasi yang penuh kesalingan, kasih sayang, dan penuh komitmen dalam menjalani bahtera rumah tangga. Bagi para peserta yang tidak sempat hadir dalam acara ini, Rahima menyediakan siaran ulangnya di kanal Youtube Swararahima dotcom. (Andi Nur Faizah)

Similar Posts:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here